SELAMAT DATANG

Tuesday, November 19, 2013

8 MANFAAT POLIFENOL

Polifenol (polyphenol) adalah kelompok bahan kimia dengan lebih dari satu unit fenol per molekul.Polifenol ditemukan secara alami pada tumbuhan. 

Jenis polifenol yang paling sering ditemukan pada tanaman adalah flavonoid, asam fenolat, catechin, anthocyanin, isoflavon, quercetin, dan resveratrol. Banyak studi ilmiah telah dilakukan untuk mengevaluasi kesan polifenol pada tubuh manusia.

Makanan Sumber Polifenol
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Buah-buahan dan sayuran bersama dengan teh, khususnya teh hijau adalah beberapa sumber makanan yang kaya akan polifenol. 
Selain itu, berbagai macam buah-buahan seperti strawberi, blueberry, blackberry, cranberry, acai berry, raspberry, apel, delima, ceri, anggur, pir, dan plum juga memiliki kandungan polifenol tinggi. 
Kobis, brokoli, bawang, peterseli dan seledri adalah beberapa sayuran yang memiliki kandungan polifenol.
Selain itu, Anda dapat menemukan sejumlah besar polifenol dalam anggur merah, kopi, teh, cokelat, minyak zaitun, kacang-kacangan, kenari, almond, hazelnut, pistachio, pecan, dan kacang tanah.

Manfaat Polifenol
~~~~~~~~~~~~
Beberapa polifenol penting seperti flavon, flavonoid, resveratrol, dan isoflavon diketahui memiliki sifat antioksidan.Adanya antioksidan diyakini memiliki khasiat meningkatkan kemampuan anti-inflamasi dan kekebalan tubuh.
Berikut adalah beberapa manfaat polifenol bagi kesehatan:
1. Sebagian besar polifenol adalah antioksidan sehingga mampu menetralkan radikal bebas yang memiliki efek merusak terhadap sel-sel dan jaringan tubuh.

2. Radikal bebas sering dikaitkan sebagai penyebab kerusakan sel yang berhubungan dengan penuaan. Sebagai antioksidan kuat, polifenol mampu memperlambat proses penuaan.

3. Polifenol efektif memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat merupakan suatu keharusan untuk menjaga kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit.

4. Polifenol dapat meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kesehatan jantung sehingga menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular.

5. Polifenol tertentu seperti resveratrol menunjukkan sifat anti-tumor sehingga berpotensi menghambat pertumbuhan kanser.

6. Beberapa polifenol yang ditemui dalam raspberry dipercayai efektif memperlambat reput pada tulang. Reput tulang adalah faktor utama yang menyebabkan osteoporosis.

7. Catechin, salah satu jenis polifenol yang ditemukan dalam teh hijau efektif membantu menurunkan berat badan. Senyawa ini merangsang tubuh untuk membakar lebih banyak lemak dan kalori.

8. Isoflavon, jenis lain dari polifenol, ditemukan sebagian besar dalam produk soya dan dapat membantu wanita mengatasi gejala-gejala menopause terutama hot flashes dan tulang reput.  Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat polifenol adalah dengan mengambil makanan yang mengandungi polifenol.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...